Pilih Laman

Wajib Dipratekkan, Berikut Adalah 4 Workout Di Rumah Yang Mudah Dilakukan

oleh | Mar 23, 2021 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Tips dan trik | 0 Komentar

Workout di rumah – Memiliki tubuh yang ideal adalah impian bagi banyak orang, akan tetapi, untuk mencapainya tentu banyak usaha yang harus dilewati, untuk mendapatkan tubuh ideal tidak bisa hanya didapatkan dengan berdiam diri saja, akan tetapi juga perlu olahraga atau workout, selain itu kita juga perlu menjaga pola makan yang sehat.

Namun, karena berbagai alasan, seperti tidak memiliki waktu luang hingga pandemi,  banyak orang mengurungkan niatnya untuk berolahraga, atau menjadikan kesibukan sebagai alasan untuk tidak berolahraga.

Padahal manfaat berolahraga secara rutin sangatlah banyak, seperti menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga kesehatan jantung, meminimalisir resiko diabetes, mengendalikan gula darah, dan baik bagi kesehatan mental.

Meski memiliki banyak kendala, akan tetapi hal tersebut bukanlah alasan yang menjadikan untuk kita untuk tidak berolahraga, saat ini sudah banyak kita temui gerakan-gerakan workout yang bisa dilakukan di rumah, workout di rumah bisa menjadi alternatif terbaik untuk bisa tetap aktif bergerak walau banyak kesibukan dan kendala yang kita hadapi.

Workout di rumah juga cukup sederhana dan mudah dilakukan, jika dilakukan secara benar dan konsisten, workout di rumah pun akan lebih efektif dan memberikan hasil yang sama dengan berolahraga di gym ataupun di luar ruangan.

Workout di rumah kadang juga bisa dipraktekkan tanpa perlu menggunakan alat bantuan, sehingga gerakan-gerakan ini mudah dan murah untuk dilakukan, gerakan-gerakan ini juga efektif untuk membentuk otot dan menjaga badan tetap bugar, sehingga di zaman pandemi ini, yang serba sosial distancing dan banyak larangan untuk keluar rumah, kita bisa tetap aktif bergerak dan berolahraga walau di rumah sekalipun.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa gerakan workout yang bisa cukup dilakukan di rumah, sehingga kami harap dengan mengetahui gerakan-gerakan workout di rumah ini kita bisa terus menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh. 

Baca Juga Disini : Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Bersepeda

Workout Di Rumah

 

1. Push Up

Workout di rumah

Push Up adalah salah satu workout di rumah yang dikenal dan dipraktekkan oleh banyak orang, push up sendiri adalah gerakan yang melatih otot bisep maupun otot trisep.

Gerakan ini diawali dengan posisi tidur tengkurap terlebih dahulu dengan tangan diletakan di sisi kiri dan kanan tubuh, kemudian dorong badan ke atas dengan kekuatan tangan, pastikan posisi kaki dan tubuh tetap lurus dan tegap, setelah itu, turunkan kembali badan anda dengan tetap menjaga kondisi kaki dan badan tetap lurus, ketika turun pastikan badan tidak menyentuh lantai, lakukan gerakan ini secara berulang dan teratur.

Push up termasuk olahraga yang mudah dan dapat dilakukan dimana saja, anda dapat melakukan gerakan ini ketika setelah bangun tidur atau sebelum tidur di malam hari.

Selain melatih otot trisep dan otot bisep, push up memiliki banyak manfaat lainnya, seperti meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia, meningkatkan kesehatan jantung, baik bagi kesehatan tulang, membentuk otot perut, mencegah osteoporosis, dan menjaga daya tahan tubuh.

Melihat banyak manfaat yang dihasilkan dari Push up, sudah sepatutnya bagi anda untuk rutin melakukan gerakan ini, akan tetapi dalam prakteknya anda juga perlu berhati-hati dan memperhatikan beberapa hal agar meminimalkan resiko cedera, seperti tidak membuka siku terlalu lebar, menjaga pinggul agar tetap sejajar dan tidak terlalu kebawah, meregangkan pergelangan tangan dan pastikan untuk bertumpu dengan baik.

Baca Juga Disini : Gerakan Workout Di Rumah

2. Squat

olahraga di rumah

Gerakan workout di rumah yang bisa anda lakukan selanjutnya adalah squat, gerakan satu ini cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan, gerakan ini sendiri melatih otot bagian bawah, jika dilakukan secara rutin, squat juga dapat mengencangkan otot paha dan bokong. Squat sendiri bisa dilakukan dimana saja, cukup dengan sepetak ruangan anda sudah bisa melakukan gerakan ini

Selain melatih otot paha dan bokong, squat juga memiliki manfaat lainnya seperti membantu untuk membakar kalori, memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan sirkulasi pencernaan,  meminimalkan terjadinya selulit, dan meningkatkan aliran darah

Untuk melakukan squat sendiri bisa diawali dengan posisi berdiri dan buka kaki selebar bahu, angkat tangan anda kedepan, kemudian mulailah dorong pantat anda ke bawah sehingga kedua lutut menekuk atau seakan-akan anda seperti sedang dalam posisi duduk, kemudian balik ke posisi awal, lakukan gerakan ini secara berulang.

3. Lunges

latihan di rumah

Gerakan workout di rumah berikutnya adalah lunges, gerakan ini sederhana dan mudah dilakukan, bahkan bisa dikatakan sebagai gerakan paling sederhana di list ini.

Untuk melakukan lunges sendiri, anda cukup mengambil posisi berdiri, dan buka kaki selebar pinggul, usahakan bahu anda tetap rileks dan tangan terulur ke arah pinggul, kemudian buka kaki kanan anda dengan lebar ke depan, condongkan tubuh ke depan, sehingga berat  tubuh anda bertumpu ke kaki kanan, selanjutnya, turunkan tubuh anda sehingga lutut kanan membentuk sudut 90 derajat dan kaki kiri menempel ke lantai, jaga agar punggung dan tubuh bagian atas agar tetap lurus, terakhir, dorong tubuh anda kembali ke atas, lakukan gerakan ini secara berulang dan anda juga dapat beralih ke kaki sebelah kiri.

Lunges sendiri bermanfaat untuk melatih otot paha dan bokong, bagian tubuh yang paling terasa sakit saat melakukan gerakan ini adalah bagian paha depan kita, yang mana bagian ini menjadi tumpuan berat tubuh ketika melakukan gerakan lunges.

Selain bermanfaat untuk melatih otot paha dan bokong, lunges juga memiliki segudang manfaat lainnya, seperti meningkatkan fleksibilitas pinggul,  menyeimbangkan tubuh, memperkuat tubuh bagian bawah,dan mengistirahatkan tulang punggung.

4. Planks

Gerakan workout di rumah berikutnya adalah planks, gerakan ini mungkin cukup berat dan agak menyakitkan, tetapi hasil dan manfaat yang didapatkan dari gerakan ini sangatlah banyak.

Planks sendiri anda gerakan yang melatih kekuatan inti isometrik, yang mana gerakan ini mirip dengan gerakan push up, bedanya gerakan ini menggunakan lengan bawah sebagai tumpuan, dan mempertahankan posisi tersebut dalam durasi yang diinginkan.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, gerakan ini melatih inti isometrik atau otot yang berada di pusat tubuh, seperti otot perut, otot panggul, otot pinggang dan otot punggung bawah.

Untuk melakukan plank cukup mudah, pertama-tama anda bisa melakukan posisi tengkurap dengan siku berada diatas lantai, kemudian letakkan pergelangan tangan di depan tubuh, sehingga bahu sejajar dengan siku, selanjutnya mulailah angkat bahu anda secara pelan-pelan, kencangkan otot perut sehingga pusar tertarik ke belakang, pastikan berat tubuh bertumpu pada lengan dan punggung tetap lurus , atur napas dan  tahan gerakan ini beberapa detik.

Selain melatih kekuatan inti isometrik, plank juga memiliki manfaat lainnya seperti meningkatkan kelenturan tubuh, membakar kalori, memperbaiki postur tubuh dan menghindari nyeri punggung bagian bawah

Berikut adalah beberapa workout di rumah yang bisa anda lakukan kapan saja dan dimana saja, meski saat ini kita berada dalam kondisi pandemi yang tidak memnungkinkan untuk keluar rumah, akan tetapi hal tersebut bukanlah menjadi alasan agar kita tidak berolahraga, dengan beberapa rekomendasi workout di rumah berikut, bisa menjadi referensi tambahan bagi anda dan menambah semangat anda untuk terus berlatih. 

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This