Pilih Laman

Ternyata Tidak Sulit, Begini 3 Cara Berenang Untuk Pemula

oleh | Agu 19, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Renang | 0 Komentar

Cara Berenang Untuk PemulaRenang adalah olahraga yang menggunakan tangan dan kaki untuk berpindah tempat secara teratur di air dengan cepat. Ada banyak gaya yang bisa kamu pelajari ketika renang, seperti gaya bebas, gaya katak, gaya punggung, dan berbagai gaya lainnya.

Ternyata Tidak Sulit, Begini 3 Cara Berenang Untuk Pemula

diambil dari Unsplash.com

Berenang bisa menjadi hobi yang sangat baik dan menyehatkan untuk tubuh kamu. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa dengan berenang, tinggi badan kamu bisa bertambah lho.

Olahraga renang ini tentu akan jauh berbeda dengan olahraga di darat. Kita perlu belajar bagaimana cara berenang, terutama untuk kamu yang masih pemula dan baru saja memulai olahraga yang satu ini.

1. Persiapan sebelum berenang

A. Peralatan Renang

Sebelum memulai berenang, sebaiknya kamu mempersiapkan alat yang akan digunakan untuk berenang terlebih dahulu:

Baju Renang

Sebenarnya, kamu bisa memakai baju biasa untuk melakukan renang, tapi itu tidak disarankan. Lebih baik gunakan baju yang memang dikhususkan untuk berenang karena baju tersebut pasti sangat cocok untuk olahraga di dalam air, khususnya renang.

Kacamata Renang

Saat kamu berenang cukup lama, pastinya akan ada kontak antara mata kamu dengan air kolam. Nah, kamu membutuhkan kacamata renang guna melindungi mata dari air kolam yang tentu sudah ditambahkan kaporit agar tampak bersih.

Pelampung

Alat yang satu ini hanya pilihan, kamu bisa menggunakannya ataupun tidak. Tapi, untuk memudahkan kamu dalam belajar, tentu lebih baik menggunakan pelampung ini.

B. Pemanasan

Sebelum kamu berenang, kamu dianjurkan untuk melakukan pemanasan agar tubuh kamu tidak kaget atau juga untuk menghindari kram otot. Pemanasan juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap.

C. Nyaman di air

Hal yang satu ini wajib bagi kamu yang ingin segerea dapat berenang. Buat tubuh dan pikiran kamu rileks untuk berada di dalam air. Kamu bisa mencobanya dengan berjalan dari tepi menuju bagian kolam yang lebih dalam. Dengan tetap berpegangan pada tepian kolam ataupun menggunakan pelampung, biarkan wajah kamu sesekali berada di dalam air. Terus berlatih hingga tubuh dan otak terbiasa dan merasa nyaman di dalam air.

2. Teknik Dasar Berenang

Untuk pemula, kamu harus mempelajari dasar-dasar renang terlebih dahulu. Dasar-dasar renang ini diperlukan sebelum kamu belajar gaya renang yang lain.

A. Teknik Mengapung

Ketika berolahraga di dalam air, hal yang perlu untuk kamu kuasai adalah cara mengapung. Mengapung inilah yang akan menjadi modal kamu agar bisa berenang dengan baik. Kamu perlu mempelajarinya agar tubuh kamu bisa terus mengapung di permukaan. Mengapung bisa dibedakan berdasarkan posisi tubuhnya yaitu tegak, terlentang, dan tengkurap.

B. Teknik Meluncur

Setelah bisa mengapung, agar bisa bergerak di air, kamu juga perlu belajar meluncur terlebih dahulu. Meluncur merupakan awalan yang kamu lakukan sebelum melaju saat berenang. Posisi saat meluncur ini akan menentukan seberapa jauh dan cepat kamu bisa melaju di atas air.

Posisi meluncur yang baik adalah dengan berdiri tegap dan kedua tangan dirapatkan lurus ke arah atas. Kemudian, bungkukkan tubuh kamu ke depan dan dada di atas permukaan air. Lalu tolakkan satu kaki di dinding kolam dengan hentakan yang kuat. Kamu harus menjaga posisi tangan agar tetap lurus ke depan dan tangan menyentuh telinga. Ulangi terus latihan meluncur dari dalam kolam renang ini sampai kamu menjadi terbiasa.

C. Teknik Pernafasan

Latihan pernapasan kamu ketika berenang dengan mengambil napas dalam-dalam dan benamkan kepala kamu ke dalam air. Untuk latihan pertama kali, mungkin kamu hanya akan bertahan di dalam air untuk beberapa detik. Hal ini bukanlah sesuatu yang mengecewakan. Terus latih pernapasan kamu hingga terbiasa untuk berada di dalam air dengan beberapa kali percobaan.

3. Macam-Macam Gaya Renang

Jika kamu sudah bisa dan lancar dalam melakukan teknik dasar berenang, sekarang saatnya untuk kamu mempelajari macam-macam gaya renang. Gaya renang ada empat macam, gaya bebas, gaya katak, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

A. Gaya Bebas

Gaya bebas adalah salah satu gaya renang yang paling sering digunakan. Gaya ini merupakan gaya yang mudah dan cepat untuk kamu dipelajari.

Posisi tubuh saat renang gaya bebas adalah dengan menempelkan bagian depan tubuh di atas permukaan air. Jadi, bagian depan tubuh kamu menghadap ke bawah dan  tetap berada di permukaan air. Badan diposisikan dengan tegap lurus, tangan digerakkan mengayuh ke depan dan kaki bergerak seperti menendang air.

B. Gaya Katak

Gaya katak adalah salah satu gaya dalam berenang yang gerakannya menyerupai seekor katak yang sedang berenang. Gaya katak lebih lambat jika dibandingkan dengan gaya bebas, tetapi gaya ini lebih santai dan sangat cocok dilakukan ketika kamu ingin berenang dengan santai.

Posisi awal renang gaya katak mirip seperti gaya bebas, perbedaannya terletak pada gerakan tangan, kaki, dan saat kita mengambil napas. Tangan dan kaki digerakkan seperti gerakan kaki katak ketika sedang berenang.

C. Gaya Punggung

Berbeda dengan 2 gaya renang sebelumnya, gaya punggung ini bisa dibilang gaya yang unik. Saat melakukan gaya punggung, tubuh yang biasanya menghadap ke bawah kali ini menghadap ke atas.

Gerakan dari gaya punggung ini mirip dengan ketika kamu melakukan renang gaya bebas. Bedanya hanya posisi tubuh yang menghadap ke atas dan gerakan tangan dan kaki kamu yang berkebalikan dengan gaya bebas.

Kamu perlu hati-hati dengan dinding di tepian kolam karena ketika kamu melakukan gaya ini kamu tidak akan bisa melihat ke depan.

D. Gaya Kupu-Kupu

Gaya kupu-kupu ini disebut juga dengan gaya lumba-lumba. Gaya kupu-kupu merupakan pengembangan dari gaya dada. Gaya ini merupakan gaya yang paling sulit dan kalau sudah bisa melakukan gaya kupu-kupu, biasanya perenang sudah bisa melakukan tiga gaya di atas.

Penamaan gaya ini juga diambil dari gerakan saat dilakukan. Disebut gaya kupu-kupu atau gaya lumba-luba karena gerakan kaki yang mirip seperti lumba-lumba, dan tangan bergerak seperti kupu-kupu yang mengepakkan sayapnya.

Jadi, itu sedikit pengetahuan mengenai cara berenang untuk pemula dari bucharicoaching.com. Semoga bermanfaat.

Sumber:
https://www.merdeka.com/trending/9-cara-mudah-belajar-renang-bagi-pemula-tak-sulit-dipraktikkan-kln.html
https://masfikr.com/cara-berenang/

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This