Pilih Laman

Berikut Adalah 4 Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan Yang Wajib Anda Pratekkan

oleh | Mar 7, 2021 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat | 0 Komentar

Olahraga untuk menurunkan berat badan – Memiliki tubuh yang ideal adalah idaman bagi banyak orang, maka tidak heran pada saat ini banyak bermunculan berbagai macam metode diet yang dapat menurunkan berat badan

Akan tetapi untuk menurunkan berat badan tidak hanya cukup dengan diet saja, pasalnya tidak semua pola diet populer dapat membantu kita dalam menurunkan berat badan, bahkan pola diet yang berlebihan dan menyiksa diri tidak baik bagi kesehatan tubuh

Maka selain diet juga diperlukan olahraga, karena olahraga dapat membakar lemak dan kalori pada tubuh dan olah raga menjadi cara yang paling efisien jika kita menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat.

Selain itu olahraga juga dapat menstimulasi pertumbuhan otot kita, sehingga tubuh akan memiliki massa otot yang lebih banyak, hasilnya dengan berolahraga massa otot di tubuh kita akan mengalami peningkatan yang diikuti juga dengan penurunan massa lemak pada tubuh. yang dimana kondisi seperti tidak bisa terpenuhi jika hanya mengandalkan diet saja.

Menurut seorang Ahli biokimia nutrisi, Shawn M. Talbott, PhD, untuk menurunkan berat badan diperlukan 75% mengatur pola makan dan 25% berolahraga, ia juga berpendapat bahwa melakukan olahraga saja tanpa diiringi oleh pola makan yang teratur dan sehat, tidak akan dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan.

Melihat dari pernyataan diatas menunjukkan bahwa olahraga memiliki andil cukup besar membantu kita dalam menurunkan berat badan, selain dapat menurunkan berat badan olahraga juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti dapat menurunkan resiko diabetes, baik bagi kesehatan mental, dapat menurunkan resiko kanker dan menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa olahraga untuk menurunkan berat badan, beberapa olahraga untuk menurunkan berat badan berikut ini tidak akan berhasil jika anda tidak rutin mempraktekkannya dan juga tidak diiringi dengan menjaga pola makan yang sehat dan teratur

Baca Juga Disini : Rekomendasi Rumah Sakit Di Medan

Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

 

1. Lari

olahraga untuk menurunkan berat badan

Olahraga untuk menurunkan berat badan yang pertama adalah lari, olahraga ini terbilang sederhana, mudah, murah dan bisa dilakukan dimana saja, hanya bermodalkan sepatu anda sudah bisa lari mengelilingi lingkungan rumah atau kantor.

Menurut harvard health jika orang yang berbobot 70 kg berlari selama 20 menit dengan kecepatan 9,7 km/jam akan dapat membakar 372 kalori dalam tubuh, studi ini juga menyatakan bahwa  berlari bisa membakar tumpukan lemak jahat atau yang biasa kita kenal sebagai lemak perut.

Lemak jahat ini diketahui sering menutupi organ dalam, sehingga dapat menyebabkan banyak penyakit kronis, seperti kanker, diabetes hingga penyakit jantung.

Selain dapat membantu dalam menurunkan berat badan, olahraga untuk menurunkan berat badan satu ini juga memiliki banyak manfaat lainnya seperti baik bagi kesehatan jantung, menurunkan resiko depresi, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kinerja otak, baik bagi kesehatan mental, membantu tidur menjadi lebih berkualitas dan menurunkan resiko stroke.

Sebagai permulaan anda bisa berlari setiap minggunya selama 3 sampai 4 kali dengan durasi 20 sampai 30 menit di setiap sesi nya, jika berlari di luar ruangan masih terlalu berat untuk anda, anda juga bisa memakai treadmill yang terdapat di banyak pusat kebugaran sebagai permulaan.

2. Berenang

olahraga membakar lemak

Olahraga untuk menurunkan berat badan selanjutnya adalah berenang, bagi anda yang mungkin memiliki masalah persendian, sehingga susah untuk berlari, maka berenang bisa menjadi solusi terbaik untuk menurunkan berat badan.

 Menurut Harvard Health jika seseorang yang berbobot 70 kg melakukan olahraga berenang selama 30 menit akan dapat membakar 372 kalori saat melakukan gaya dada, 409 kalori ketika melakukan gaya kupu-kupu dan 289 kalori ketika melakukan gaya punggung.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan selama 3 bulan terhadap 24 wanita paruh baya, menunjukkan bahwa berenang 3 kali seminggu selama 60 menit efektif untuk membakar lemak tubuh

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, berenang juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti baik bagi kesehatan jantung, membuat tubuh lebih rileks, membentuk dan menguatkan otot, baik bagi pertumbuhan tulang anak kecil, mengurangi gejala penyakit asma, membantu mengatasi masalah tidur dan baik bagi kesehatan mental.

Melihat banyaknya manfaat yang didapatkan dari berenang, sudah tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berolahraga, apalagi olahraga renang ini sangat mudah dilakukan dan juga menyenangkan.

Baca Juga Disini : Olahraga Untuk Menurunkan Berat Badan

3. Bersepeda

olahraga untuk membakar kalori

Olahraga untuk menurunkan berat badan berikutnya adalah bersepeda, olahraga satu ini sangat mudah dilakukan dan sangat menyenangkan, bahkan saat ini bersepeda sudah tidak terbatas menjadi olahraga saja, akan tetapi juga telah bertransformasi sebagai alat rekreasi yang digemari oleh banyak orang dari berbagai kalangan umur.

Meski biasanya bersepeda dilakukan diluar ruangan, akan tetapi dengan kemajuan zaman, saat ini sudah banyak pusat kebugaran atau gym yang menyediakan sepeda statis untuk membantu kita agar bisa bersepeda di dalam ruangan, sehingga sudah tidak ada alasan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam berolahraga maupun bersepeda.

Menurut Harvard Health, jika seseorang yang berbobot 70 kg bersepeda dengan kecepatan sedang, sekitar 19 – 22,4 km/jam, selama 30 menit, akan dapat membakar sebanyak 298 kalori dalam tubuh. 

Studi ini juga menunjukkan bahwa bersepeda secara rutin juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung, meningkatkan kebugaran, meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resiko penyakit kanker.

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, bersepeda juga masih memiliki banyak manfaat lainnya seperti membantu mengurangi stress, baik bagi sistem pernapasan, meningkatkan kemampuan otak, membantu mengatasi insomnia dan meningkatkan kekuatan dan koordinasi otot tubuh.

4. Latihan angkat beban

Olahraga untuk menurunkan berat badan yang berikutnya adalah latihan angkat beban, mungkin olahraga satu ini cukup jarang kita lakukan dan lebih sering kita jumpai di pusat kebugaran dan gym, akan tetapi latihan angkat beban sebenarnya sangat efektif untuk membantu kita dalam menurunkan berat badan.

Latihan angkat beban sendiri adalah latihan kekuatan yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan menambah massa otot, latihan ini memanfaatkan kekuatan gravitasi dalam pelaksanaanya.

Salah satu keunggulan dalam latihan angkat beban adalah dengan melakukan latihan angkat beban tubuh kita dapat membakar lemak walau sedang beristirahat sekalipun, dikutip dari laman healthline, membentuk otot adalah salah satu cara untuk meningkatkan metabolisme istirahat atau resting metabolism, maksudnya seberapa banyak kalori yang dapat dibakar tubuh ketika sedang beristirahat.

Menurut suatu penelitian yang dilakukan terhadap beberapa partisipan selama 24 minggu latihan angkat beban, menunjukkan bahwa latihan angkat beban dapat meningkatkan metabolisme istirahat sebesar 9 persen pada laki-laki dan 4 persen pada perempuan.

latihan angkat beban juga tidak sekedar hanya membakar kalori pada tubuh, akan tetapi latihan angkat beban juga memaksimalkan pembakaran kalori itu sendiri, karena semakin banyak massa otot yang kita miliki semakin efektif juga bagi kita untuk membakar lemak atau kalori pada tubuh, hal ini jugalah yang menjadi sebab kenapa orang berotot bisa makan sebanyak mungkin tanpa memikirkan berat badan.

Berikut adalah beberapa olahraga untuk menurunkan berat badan, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi tambahan bagi anda, olahraga yang baik adalah olahraga yang dirutinkan terus menerus, dan terkhusus bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, anda juga perlu memperhatikan asupan gizi yang anda makan

 

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This