Pilih Laman

Berikut 3 Olahraga Menurunkan Berat Badan Yang Wajib Anda Coba

oleh | Mei 1, 2021 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat | 0 Komentar

Olahraga Menurunkan Berat Badan – Memiliki tubuh yang ideal adalah impian bagi banyak orang, akan tetapi untuk mendapatkan hal tersebut, butuh sebuah usaha yang tidak gampang, mulai dari olahraga hingga diet, harus anda lewati demi tubuh yang langsing dan sempurna.

Untuk mendapatkan tubuh ideal, banyak orang yang berusaha untuk menurunkan berat badan, Oleh karena itu, kini banyak kita temukan berbagai pola macam diet dan berbagai pola olahraga yang diklaim mampu menurunkan berat badan.

Dengan banyaknya pola olahraga yang tersedia, kini menurunkan berat badan pun sudah tidak menjadi hal yang susah, selain menyehatkan badan, oleharga juga efektif untuk membakar kalori pada tubuh, dengan banyak bergerak, tubuh kita akan dipaksa untuk membakar kalori yang menumpuk, dimana kalori yang menumpuk tersebut adalah asal lemak berasal.

Akan tetapi perlu anda ketahui tidak semua olahraga efektif untuk membakar lemak pada tubuh, oleh karena itu, anda juga perlu memilih jenis olahraga apa yang memiliki kemungkinan terbesar untuk membakar lemak pada tubuh.

Olahraga kardio bisa menjadi pilihan pertama anda, ketika memilih olahraga yang akan digunakan untuk menurunkan berat badan, olahraga kardio sendiri adalah jenis olahraga yang mampu untuk memacu detak jantung dan memompa darah lebih cepat, selain itu olahraga kardio juga dapat meningkatkan laju pernapasan, olahraga kardio bisa berupa lari, sepeda hingga jogging.

Selain olahraga kardio, masih banyak lagi olahraga yang ampuh untuk menurunkan berat badan, pada artikel ini kita akan membahas beberapa olahraga menurunkan berat badan yang diketahui ampuh dan efektif, diharapkan setelah anda membaca artikel ini, anda dapat mempraktekkan olahraga-olahraga  tersebut demi membentuk tubuh yang ideal.

Baca Juga Disini : Olahraga Menurunkan Berat Badan

Olahraga Menurunkan Berat Badan

1. Lompat Tali

Olahraga Menurunkan Berat Badan

Olahraga menurunkan berat badan yang pertama adalah lompat tali, olahraga satu ini termasuk olahraga yang sederhana dan bisa dilakukan dimana saja, cukup dengan sebuah tali, anda sudah bisa mempraktekkan olahraga ini.

Lompat tali diketahui sangat efektif untuk membakar lemak pada tubuh, olahraga ini mampu membakar 80 kalori hanya dalam 10 menit saja, jika dibandingkan dengan olahraga kardio lainnya, lompat tali memberikan efek yang lebih ringan pada persendian kita.

Untuk menghindari cedera, anda dapat mempraktekkan olahraga ini di permukaan yang datar dan lembut, dianjurkan juga untuk memakai sepatu olahraga, demi melindungi persendian pada kaki anda, meski tergolong ringan, ternyata lompat tali sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan bagi orang yang menderita masalah pada jantung, paru-paru dan persendian.

Lompat tali dapat dilakukan di ruangan tertutup maupun terbuka, namun pastikan agar di sekitarmu tidak ada benda yang menghalangi ataupun mengganggu, lakukan juga pemanasan kecil sebelum melakukan lompat tali agar otot-otot pada tubuh anda tidak kaget dan menegang.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat melakukan lompat tali selama 20 hingga 30 menit setiap harinya, entag di sore atau pagi hari, pacu terus diri anda untuk dapat melakukan lebih lama dan lebih banyak interval lompatan.

Baca Juga Disini : Cara Mengatasi Sakit Kepala Ketika Berolahraga

2. Berenang

Olahraga menurunkan berat badan yang selanjutnya adalah berenang, olahraga satu ini diketahui ampuh untuk menurunkan berat badan, karena saat berenang,  semua otot pada tubuh kita, baik otot di tubuh bagian bawah, bagian atas, otot punggung dan otot inti bergerak secara aktif.

Berenang juga dapat membuat otot semakin kuat dan meningkatkan massa otot, peningkatan massa otot ini juga akan berdampak ke peningkatan metabolisme tubuh, sehingga ketika metabolisme tubuh meningkat, tubuh akan dapat membakar kalori, walaupun setelah berenang sekalipun.

Selain diketahui dapat menurunkan berat badan, berenang juga dapat menggerakkan jantung dan paru-paru agar bekerja lebih keras demi menyediakan asupan oksigen yang diperlukan oleh tubuh.

Ketika berenang, tubuh kita juga akan membakar sekitar 500 sampai 700 kalori selama 60 menit, hal ini lah yang menjadikan berenang sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Meski berenang diketahui sangat efektif untuk menurunkan berat badan, akan tetapi anda juga perlu memperhatikan beberapa hal, agar olahraga yang anda lakukan dapat maksimal dan lebih efektif :

1. Gaya Renang

Terdapat 4 gaya renang yang kini diketahui oleh banyak orang, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu, keempat gaya tersebut sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi, setiap gaya memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, maka gaya kupu-kupu adalah gaya renang yang paling efektif untuk membakar kalori pada tubuh, diketahui, gaya renang ini mampu membakar 150 kalori pada tubuh orang dewasa yang memiliki bobot 72 kg, selain gaya kupu-kupu, anda juga dapat berenang dengan gaya bebas.

2. Intensitas latihan

Intensitas latihan ketika berenang meliputi durasi, kecepatan dan jarak selama anda berenang, semakin tinggi intensitas yang anda lakukan maka semakin tinggi juga kalori yang terbakar pada tubuh anda. Berenang dengan teknik yang benar juga dapat membakar kalori pada tubuh anda dengan lebih cepat.

Bila dilakukan dengan santai, berenang menggunakan gaya kupu-kupu dapat membakar 150 sampai 200 kalori pada tubuh setiap 30 menitnya, namun bila dilakukan dengan intens, berenang dapat membakar 350 kalori pada tubuh anda.

Menurut American Heart Association, Berenang selama 30-60 menit setiap 4-6 hari dalam seminggu, dapat membantu menurunkan berat badan, dan mencegah atau mengurangi resiko kesehatan, seperti diabetes, stroke dan jantung.

3. Bersepeda

Olahraga menurunkan berat badan berikutnya adalah bersepeda, olahraga ini termasuk dari kelompok olahraga kardio, oleh karena itu, bersepeda diketahui sangat efektif untuk membantu membakar kalori pada tubuh kita, selain sebagai olahraga, bersepeda juga menjadi alat rekreasi yang digemari oleh banyak orang

Bersepeda umumnya dilakukan di luar ruangan, namun kini, banyak kita temukan gym dan pusat kebugaran yang menyediakan sepeda statis untuk membantu kita agar dapat bersepeda di dalam ruangan.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard Health, menyatakan bahwa orang yang memiliki bobot 70 kg dapat membakar 260 kalori selama 30 menit dengan sepeda statis, adapun ketika bersepeda di luar ruangan, anda dapat membakar 298 kalori selama 30 menit dengan kecepatan sedang.

Meski bersepeda itu menyehatkan dan menyenangkan, akan tetapi anda juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ketika bersepeda :

1. Perhatikan kekuatan mengayuh sepeda

Menurunkan berat badan dengan, bukan berarti anda harus bersepeda dengan kencang dan terus menerus, tanpa istirahat, bukannya membakar lemak, hal ini justru akan membuat anda kelelahan.

Oleh karena itu, anda harus menentukan intensitas latihan yang pas, tidak terlalu kencang tetapi tidak terlalu pelan juga, sebagai awalan, anda dapat bersepeda selama 15 menit dengan kecepatan rendah, dan setelah itu anda dapat mengayuh dengan kecepatan lebih tinggi

 2. Hitung kalori yang dikurangi selama bersepeda

Anda dapat menggunakan smartwatch untuk menghitung kalori yang berkurang selama bersepeda, dengan smartwach sendiri anda dapat melihat jarak, kalori hingga waktu nada berlatih, dengan mengetahui kalori yang terbakar diharapkan agar anda dapat mengatur pola dan asupan makanan sehari-hari 

 

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This