Pilih Laman

Olahraga Berlebihan Ternyata Berbahaya, kenali batasan diri anda

oleh | Sep 28, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat | 0 Komentar

Olahraga berlebihan ternyata berbahaya –  Antusias masyarakat dalam berolahraga meningkat di saat ini, banyak kegiatan yang dilakukan untuk berolahraga, mulai dari jalan santai, lari, bersepeda sampai olahraga angkat berat.

 

olahraga berlebihan

 

Olahraga adalah kegiatan yang dibutuhkan tubuh kita. Dengan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, mulai dari melatih pernafasan ,melancarkan peredaran darah sampai menurunkan berat badan. Olahraga secara teratur memanglah penting untuk dilakukan

Juru bicara untuk American Council on Exercise, Gregory Florez menuturkan kepada Everyday Health, olahraga yang terlalu sering atau berlebihan dapat memicu masalah jangka pendek. Beberapa di antaranya semisal peningkatan risiko cedera, kelelahan yang konstan, peningkatan denyut jantung, penurunan berat badan secara drastis, hingga penurunan sistem kekebalan tubuh.

Inilah yang terjadi pada beberapa orang yang setelah melakukan olahraga, badannya merasa sakit dibagian tertentu bahkan lemas berlebihan. Hal ini bisa terjadi kepada orang yang baru memulai olahraga dengan porsio olahraga yang kelewat getol. Semangat memulai olahraga bisa jadi pendorong untuk melakukan kesalahan ini.

Meski begitu olahraga terlalu sering atau terlalu keras justru dapat mengganggu kesehatan, bukannya mendapatkan tubuh yang sehat tapi malah jadi sakit.

Tapi jangan khawatir, disini kita akan bahas bagaimanasih batasan tubuh anda, sehingga dapat mengetahui olaharaga yang dilakukan itu termasuk berlebihan atau masih normal.

Untuk orang yang sering berolahraga dan sampai ketahap berlebihan bisa terjadi hal-hal berikut ini:

  • Jantung berdetak kencang meski tidak berolahraga.
  • Sering merasa lelah, hingga mengganggu pekerjaan dan aktivitas sehari-hari.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Suasana hati atau moodyang mudah berubah.
  • Sering mengalami cedera.
  • Gangguan menstruasi.
  • Sering merasa tidak enak badan.
  • Berat badan turun drastis.

Gangguan ini bisa diatasi dengan istirahat yang cukup tentunya tidak tidur terlalu malam, anda bisa tidur diawal malam sekitar jam 9 dan bangun dalam keadaan segar. Makan dengan makanan yang bernutrisi untuk menggantikan nutrisi anda yang hilang saat berolahraga. Dan yang juga tidak kalah penting yaitu menjaga suasana hati dan fikiran anda. Berusaha untuk tetap berfikir tenang sehingga tubuh anda akan rileks dalam beraktivitas.

Dampak-dampak jangka pendek yang bisa terjadi yaitu:

-Susah tidur

Olahraga dalam batas normal dapat membantu mengurangi insomnia. Tapi olahraga berlebihan dapan menjadikan anda susah tidur (Insomnia).Berolahraga terlalu banyak membuat tubuh merasa stres dan membuatnya memproduksi kortisol berlebih sehingga kamu pun enggak mengantuk dan sulit rileks, apalagi tidur.

-Sakit punggung

Sakit di sekitar punggung bisa disebabkan olahraga yang anda lakukan melibatkan banyak otot punggung. Seperti: angkat beban, sit -up, dan lainnya. Olahraga ini memberikan tekanan yang besar pada tulnaf punggung, sehingga menyebabkan sakit punggung.

-Nyeri otot

Otot yang terasa nyeri bisa disebabkan olahraga yang terlalu lama. Ada baiknya ketika anda olahraga kardio atau angkat beban, pastikan kamu memberi tubuhmu waktu untuk beristirahat agar dapat pulih kembali.

-Kelelahan

Olahraga yang secara berlebihan bisa menghabiskan tenaga atau tubuh akan terasa lemas, mual, bahkan tidak ada tenaga lagi untuk melakukan aktivitas lainnya.

Dampak jangka panjang yang mungkin terjadi :

-Gangguan kesehatan jantung

Olahraga yang berlebihan dan tidak dibarengi dengan nutrisi yang cukup dapat melemahkan kerja jantung. Jika proses ini terjadi berulang kali bisa menyebabkan gagal jantung.

-Gangguan seksual pada pria

Nah ini ni perlu pembaca pahami, Khusus untuk para pria, olahraga yang terlalu intens bisa memicu terjadinya hipogonadisme, yaitu kondisi ketika hormon seksual yang dihasilkan oleh kelenjar seksual berada di bawah jumlah normal. Ketika anda mendapati kemaluan pria yang sulit ereksi saat setelah berolahraga bisa juga disebabkan olahraga yang berlebihan. Sulitnya ereksi berdampak kepada menurunnya gairah pada pria.

-Gangguan menstruasi

Sebaliknya jika gangguan seksual bisa terjadi pada pria, tentu wanita juga bisa mengalami gangguan pada menstruasi. Tubuh wanita yang kelelahan setelah olahraga secara berlebihan dapat mengganggu siklus menstruasi.

-Melemahnya sistem kekebalan tubuh

Tubuh memiliki kemampuan memulihkankan dirinya sendiri saat setelah berolahraga. Ketika anda memiliki kecanduan olahraga yang tinggi yang menyebabkan susah tidur dimalam hari , maka lama kelamaan sistem kekebalan tubuh anda akan menurun. Akibatnya anda akan mudah terserah batuk, nyeri kepala, demam dan berbagai penyakit lainnya yang lebih berat.

-Osteoarthtritis

Tubuh akan memulihkan dirinya sendiri dari kelelahan setelah berolahraga saat kamu beristirahat di malam hari. Tapi, jika kamu kecanduan berolahraga yang akhirnya menyebabkan susah tidur di malam hari, maka lama kelamaan sistem kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya, kamu jadi mudah terserang batuk, nyeri kepala, demam, dan bahkan berbagai penyakit lainnya yang lebih berat.

 

Sumber:

  1. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/09/27/143446920/cermati-7-tanda-kamu-olahraga-berlebihan?page=all
  2. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200219121314-255-476076/bahaya-olahraga-berlebihan-dan-tanda-tandanya
  3. https://www.alodokter.com/terlalu-banyak-berolahraga-ternyata-tidak-selalu-baik-ini-alasannya
  4. https://www.halodoc.com/artikel/9-dampak-negatif-dari-olahraga-berlebihan
Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This