Pilih Laman

Berikut 3 Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Bersepeda, Yang Wajib Anda Pratekkan

oleh | Mar 21, 2021 | Seputar Sepeda | 0 Komentar

Menurunkan berat badan dengan bersepeda – Bersepeda adalah olahraga yang sudah tidak asing lagi bagi hampir kebanyakan orang, bersepeda adalah olahraga yang menyehatkan dan tentunya menyenangkan, selain menyehatkan, bersepeda juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

Berat badan yang berlebih adalah momok yang menakutkan bagi sebagian orang, terutama bagi kaum wanita, yang cenderung lebih memperhatikan penampilannya, selain mengganggu penampilan, berat badan berlebih juga tidak baik bagi kesehatan tubuh, paling tidak ada beberapa penyakit yang disebabkan karena kelebihan berat badan, seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung, dislipidemia, kanker dan stroke.

Melihat banyaknya efek negatif dari berat badan yang berlebih, banyak orang berusaha untuk menurunkan berat badanya, baik dengan olahraga, diet atau bahkan dengan mengonsumsi obat-obatan yang belum jelas kandungan dan khasiatnya.

Fenomena ini juga banyak dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk mengeruk keuntungan karena  pangsa pasarnya yang cukup besar, dengan menawarkan obat-obatan diet yang diklaim ampuh dapat menurunkan berat badan secara instan, mereka menjanjikan para konsumennya dengan iming-iming tidak perlu berolahraga bahkan diet untuk dapat menurunkan berat badannya. Akan tetapi perlu diketahui bahwa semua yang instan umumnya dapat memberikan dampak yang buruk, meski hasilnya diklaim relatif lebih cepat.

Oleh karena itu sudah sepatutnya bagi kita untuk tidak hanya berpangku tangan dengan obatan-obatan diet tanpa berusaha untuk menjaga pola makan atau berolahraga, sebenarnya banyak sekali olahraga mudah dan menyenangkan yang dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan, salah satu dari sekian banyak olahraga tersebut adalah dengan bersepeda.

Bersepeda termasuk olahraga kardio yang sangat efektif untuk membakar kalori pada tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Health, bersepeda dengan kecepatan sekitar 30 km/jam selama 30 menit dapat membakar 495 kalori pada orang dengan berat badan 56 kg, penelitian ini juga membuktikkan bahwa bersepeda lebih efektif membakar lemak dibandingkan dengan berenang, dan bermain sepak bola.

Dalam usaha menurunkan berat badan, kita tidak perlu melulu bersepeda dengan kecepatan yang tinggi, kita juga bisa bersepeda dengan kecepatan lambat akan tetapi dengan jarak yang lebih jauh.

Bersepeda saat ini juga tidak melulu dikaitkan dengan olahraga outdoor saja, akan tetapi dengan kemajuan zaman, bersepeda juga sudah bisa dilakukan di dalam ruangan seperti di gym dan pusat kebugaran dengan menggunakan sepeda statis.

Pada artikel ini kita akan membahas beberapa tips untuk menurunkan berat dengan bersepeda, meski bersepeda termasuk olahraga yang mudah dan menyenangkan, akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika bersepeda terutama jika anda ingin mendapatkan hasil maksimal dalam menurunkan berat badan dengan bersepeda

Baca Juga Disini : Menurunkan Berat Badan Dengan Bersepeda

Menurunkan Berat Badan Dengan Bersepeda

1. Lakukan Secara Rutin

menurunkan berat badan dengan bersepeda

Hal pertama yang diperhatikan ketika ingin menurunkan berat badan dengan bersepeda adalah mengusahakan untuk mempraktekkannya secara rutin , seperti yang kita tahu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga harus dilakukan dengan rutin.

Oleh karena itu lebih baik bersepeda sebanyak 3 kali seminggu selama satu jam di setiap sesinya, daripada bersepeda sekali seminggu dengan durasi 3 jam. Karena dengan pembiasaan dan melakukannya secara berkala, akan membuat anda lebih gampang dan teratur untuk mengulangi proses yang sama terus menerus

Selain dapat menurunkan berat badan, bersepeda secara rutin memiliki segudang manfaat, diantaranya untuk menjaga kesehatan jantung, baik bagi kesehatan mental, dan menurunkan resiko diabetes.

Selain menjadwalkan latihan secara rutin, anda juga bisa menggunakan sepeda di luar waktu khusus untuk berolahraga, misalnya menggunakan sepeda sebagai transportasi alternatif, sebatas untuk pergi ke pasar atau tempat kerja.

Baca Juga Disini : Bersepeda Saat Puasa

2. Menjaga Pola Makan 

bersepeda untuk menguruskan badan

Tips untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda berikutnya adalah dengan menjaga pola makan, olahraga saja tidak cukup dalam usaha untuk menurunkan berat badan, akan tetapi juga perlu diiringi oleh diet yang sehat dan terencana, dalam merealisasikannya anda juga perlu untuk menjauhi makanan berkalori tinggi, dan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh

Menjaga pola makan mungkin adalah bagian terberat dalam proses menurunkan berat badan, pasalnya, pola makan yang kita lalui selama ini sangat sulit untuk diubah, karena sudah menjadi kebiasaan dan bisa mempengaruhi emosi, perut, gula darah, dan mental jika kebiasaan atau pola makan yang sudah lama ini dirubah.

Sehingga satu-satunya kunci bagi kita untuk merubah pola makan yang telah dilakukan selama bertahun-tahun bahkan berpuluh-puluh tahun lamanya ini dengan merubahnya secara bertahap atau step by step

Anda dapat mengawalinya dengan mulai mengurangi makan makanan yang mengandung lemak, gula dan karbohidrat, selain itu usahakan untuk makan lebih sedikit dan berhenti sebelum kenyang, dalam proses mengurangi porsi makanan, anda dapat melakukanya secara bertahap, sehingga sampai di tahap dimana anda hanya makan apa yang dibutuhkan oleh tubuh saja.

Selain berusaha mengurangi makanan, anda juga dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah-buahan, pasalnya sayur dan buah-buahan dapat menghasilkan gula natural yang lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh, sebenarnya gula sangatlah penting dan dibutuhkan oleh tubuh,karena tanpa kandungan gula yang cukup, tubuh akan lebih cepat lelah, dan pikiran akan menjadi kacau, akan tetapi kandungan gula yang sering kita temukan di nasi, teh dan kopi, adalah jenis gula yang menghasilkan energi tetapi tidak memiliki nutrisi, sehingga saat tubuh tidak bisa membakar gula tersebut menjadi energi, maka gulan tersebut akan menumpuk menjadi lemak.

Baca Juga Disini : Tips Untuk Menurunkan Berat Badan Dengan Bersepeda

3. Perbanyak Bersepeda Dengan Kecepatan Sedang

diet dengan bersepeda

Untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda juga diperlukan konsistensi, agar hasil yang didapatkan bisa maksimal, oleh karena itu lebih baik bersepeda 5 x 10 km tiap bulan daripada bersepeda sekali sebulan sejauh 50 km.

Dalam prosesnya juga, anda dituntut untuk bisa mengatur tenaga agar target yang telah ditentukan sejak jauh-jauh hari bisa tercapai,yang mana sangat  tidak disarankan untuk bersepeda dengan kecepatan tinggi selama proses menurunkan berat badan. karena bersepeda dengan kecepatan tinggi akan banyak sekali menguras energi tubuh dan ditakutkan target yang telah kita tentukan tidak akan tercapai.

Oleh karena itu, dalam proses menurunkan berat badan, bersepeda dengan kecepatan sedang lebih disarankan dan lebih efektif untuk membakar lemak, hal ini juga bisa kita lihat, jika memperhatikan para pesepeda/pelari marathon lebih terlihat kurus dibandingkan dengan pesepeda/pelari sprint yang lebih cenderung berotot.

Sehingga untuk mempercepat pembakaran lemak pada tubuh, kita perlu bersepeda sampai tahap 65 – 75% dari detak jantung maksimum ( max heart rate ), heart rate sendiri bisa diukur dengan smartwatch, heart rate monitor, atau bike komputer 

Nah….berikut adalah beberapa tips bagi anda untuk menurunkan berat badan dengan bersepeda, tips-tips di atas ini sangat bermanfaat dan bisa membantu anda untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan dengan bersepeda. salah satu kunci yang paling penting untuk anda perhatikan ketika berusaha menurunkan berat badan dengan bersepeda adalah melakukannya secara rutin

 

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This