Pilih Laman

3 Manfaat Kopi Pahit Untuk Diabetes Yang Wajib Anda Tahu

oleh | Mei 2, 2021 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat | 0 Komentar

Manfaat kopi pahit untuk diabetes – Menurut data yang didapatkan dari kementerian perindustrian menunjukkan bahwa indonesia adalah salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, selaras dengan hal tersebut, konsumsi kopi di indonesia ternyata juga sangat tinggi, mulai dari remaja hingga orang dewasa sangat menggemari minuman yang mengandung kafein ini.

Bagi kebanyakan masyarakat indonesia, tak lengkap rasanya jika di pagi hari belum menyeruput secangkir kopi hitam, selain sebagai kawan di pagi hari, kopi juga menjadi kawan yang senantiasa menemani banyak orang ketika bertemu dan mengobrol bersama dengan sanak kerabat.

Melihat hal diatas, menjadi hal yang wajar jika kebanyakan masyarakat indonesia sangat tergantung dengan minuman satu ini. selain sebagai kebutuhan, kopi juga menjadi budaya yang telah mengakar sejak ratusan tahun yang lalu.

Baca Juga Disini : 3 Olahraga Yang Menurunkan Berat Badan

Kopi juga memiliki banyak manfaat, selain meningkatkan energi dan membantu agar terus terjaga di malam hari, ternyata kopi juga dapat mencegah penyakit diabetes hingga gangguan otak, kopi juga dapat menurunkan berat badan, mencegah demensia dan parkinson

Meski memiliki banyak manfaat, ternyata mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, apalagi jika kopi yang dikonsumsi dicampur dengan gula.

Mengkonsumsi kopi secara berlebihan, diketahui dapat merusak siklus tidur, menyebabkan diare, sakit perut hingga membuat peminumnya merasa cemas dan gelisah. Adapun jika kopi tersebut dicampur dengan gula, ia akan dapat lebih merusak kesehatan, Healthline mengungkapkan bahwa kandungan gula mengandung zat fruktosa yang tinggi, dimana zat tersebut dapat menyebabkan diabetes dan obesitas.

Menurut dr. Mulyani Anny Suryani Gultom SpPD, spesialis penyakit dalam dari RS Siloam, idealnya dalam sehari manusia hanya boleh mengkonsumsi asupan gula sebanyak 2 sendok makan  saja, adapun pada kopi biasanya gula yang ditambahkan bisa sebanyak 2 hingga 3 sendok, apalagi jika ditambahkan dengan asupan gula yang berasal dari makanan lain, seperti kue atau permen, sehingga hal ini menjadikan asupan harian gula kita berlebih dan dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan gula berlebih

Demi menghindari hal yang tidak diinginkan ketika mengkonsumsi kopi, pada artikel ini kita akan membahas beberapa kiat minum kopi untuk penderita diabetes, selain itu kita juga akan membahas beberapa manfaat kopi pahit untuk diabetes 

Baca Juga Disini : Manfaat kopi pahit untuk diabetes

Manfaat Kopi Pahit Untuk Diabetes

Kiat Minum Yang Aman Bagi Penderita Diabetes 

manfaat kopi pahit untuk diabetes

1. Pilih produk yang bebas gula pasir

Apapun jenis nya, kopi hitam adalah yang terbaik bagi para penderita diabetes, adapaun jika anda penderita diabetes dan tidak suka rasa pahit, maka anda bisa menambahkan kopi yang anda punya dengan pemanis buatan yang aman atau gula khusus penderita diabetes.

2. Kurangi kafein pada kopi

Meski kafein memiliki segudang manfaat, mulai dari meningkatkan metabolisme tubuh hingga mencegah penyakit jantung, akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi para penderita diabetes, pasalnya kandungan kafein yang tinggi pada kopi dapat menyebabkan gula darah semakin susah dikontrol dan alhasil meningkatkan resiko terkena komplikasi diabetes, seperti kerusakan ginjal dan saraf

Meski tanpa kafein, kandungan pada kopi juga masih masih banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh anda.

3. Hindari Latte

Sebaiknya bagi anda yang menderita diabetes untuk menghindari beberapa jenis kopi, selain mengandung gula yang tinggi, beberapa jenis kopi ini juga mengandung kadar lemak yang tinggi pula, salah satu dari jenis kopi itu adalah latte, kopi jenis satu ini sangat digemari oleh banyak orang, campuran kopi, susu dan krimer, menjadikan kopi ini sebagai favorit bagi banyak orang ketika datang ke kedai kopi.

Meski enak dan digemari banyak orang, anda yang menderita diabetes harus berhati-hati dengan jenis kopi ini,  pasalnya susu skim yang terdapat pada Latte mengandung 5 gram karbohidrat per cangkir, dimana ini kandungan karbohidrat yang tinggi bagi penderita diabetes.

Jika anda masih ingin mencoba untuk mencicipi kopi ini, sebaiknya untuk tidak berlebihan atau dalam jumlah yang kecil saja dan minum secara pelan-pelan, demi menghindari kenaikan gula yang tiba-tiba pada tubuh anda.

Manfaat Kopi Pahit Untuk Diabetes dan Manfaat Lainnya 

kopi pahit bagi penderita diabetes

1. Diabetes

Setelah mengetahui bahayanya gula bagi penderita diabetes, tentu kita sebagai penikmat kopi harus berhati-hati dan mulai sejak saat ini bisa mengatur asupan gula yang berada dalam cangkir kopi kita

Akan tetapi hal diatas tidak akan berlaku, bagi anda para peminat kopi pahit, kopi pahit yang sering kita temukan di luaran sana, diketahui tidak mengandung gula sama sekali, alias kopi itu hanya ditubruk dengan biji kopi saja, tanpa ada tambahan zat lainnya, alhasil, manfaat yang didapatkan dari secangkir kopi pahit lebih banyak dan memiliki efek samping yang lebih sedikit ketimbang dengan kopi yang telah dicampur dengan gula.

Menurut suatu penelitian, menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi pahit setiap harinya  dapat menurunkan resiko diabetes hingga 10% pada setiap cangkir, dan menurunkan kematian akibat penyakit jantung sampai 21%.  Manfaat kopi sendiri didapatkan paling banyak berasal dari kafein, kafein dalam jumlah yang cukup dapat meningkatkan metabolisme tubuh seseorang, sehingga ketika metabolisme tubuh kita meningkat, maka kalori yang dibakar akan lebih banyak, dengan demikian, resiko diabetes pun menjadi turun.

Selain kafein, kopi juga mengandung senyawa polifenol, polifenol sendiri adalah zat antioksidan yang berguna untuk melawan penyakit-penyakit inflamasi, seperti asma, tuberkulosis, hepatitis  hingga diabetes. 

Dengan kandungan magnesium dan kromium yang tinggi pada kopi, kopi dipercaya dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2, selain itu sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat kopi pahit untuk diabetes, salah satu penelitian yang pernah dilakukan pada tahun 2009 terhadap 40.000 orang menunjukkan bahwa mengkonsumsi 3 cangkir kopi pahit dalam sehari, dapat menurunkan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 hingga 40%

Kemudian penelitian yang dilakukan di inggris dan amerika pada tahun 2014, menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi kopi pahit setiap harinya dapat terhindar dari penyakit diabetes tipe 2 dalam waktu 4 tahun kedepan.

2. Menyehatkan Organ Hati

Selain baik untuk mencega terkena resiko diabetes, ternyata kopi pahit juga baik bagi kesehatan organ hati, kopi pahit dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit kronis pada hati, seperti hepatitis dan pembengkakan hati, yang dapat berujung ke sirosis, sirosis sendiri adalah sebuah keadaan dimana hati kita membesar karena tumbuh jaringan luka padanya.

Dengan rutin mengkonsumsi kopi,ternyata sirosis dapat dikurangi gejalanya, menurut suatu penelitian, seseorang yang rutin mengkonsumsi kopi, dapat menurunkan resiko dari sirosis hingga 65%, akan tetapi perlu anda perhatikan, bahwa manfaat kopi disini hanyalah mengurangi gejalanya, bukan mengobatinya, oleh karena itu, jika anda mengalami penyakit ini, anda tetap perlu mengeceknya ke dokter

nah berikut adalah beberapa kiat mengkonsumsi kopi bagi penderita diabetes, sekaligus manfaat kopi pahit untuk diabetes, diharapkan artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, terutama bagi anda penderita diabetes.

 

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This