Pilih Laman

Ini Nih 3 Cara Memilih Sepeda Statis Yang Bagus Dan Cocok Buat Pemula

oleh | Sep 12, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Sepeda | 0 Komentar

Cara Memilih Sepeda Statis – Bersepeda merupakan olahraga yang menyenangkan. Di tengah kesibukan dan waktu yang terbatas untuk berolahraga kini sudah banyak alat olahraga yang ditawarkan, salah satunya sepeda statis.

Ini Nih 3 Cara Memilih Sepeda Statis Yang Bagus Dan Cocok Buat Pemula

Sumber: Unsplash.com

Beragamnya jenis dan model sepeda statis terkadang membuat kita sulit memilih mana yang pas dan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kualitas juga hal yang perlu untuk dipertimbangkan agar sepeda dapat digunakan dalam jangka waktu lama.

Nah, bucharicoaching.com akan memberikan beberapa cara memilih sepeda statis terbaik untuk kamu. Simak ulasannya berikut ini!

1. Tipe dan bentuk yang sesuai

Sebelum membeli sepeda statis, kamu harus menentukan tipe dan bentuk mana yang sesuai denganmu. Sepeda statis ini terbagi ke dalam 4 tipe yang memiliki fungsi masing-masing.

A. Tipe Upright

Tipe ini dapat digunakan seperti bersepeda pada umumnya. Harganya pun lebih terjangkau dan cocok untuk pemula yang ingin memulai berolahraga menggunakan sepeda statis. Tipe upright cocok untuk menurunkan berat badan.

B. Tipe Recumbent

Tipe ini memungkinkan kamu berolahraga sambil berbaring. Buat kamu yang memiliki masalah nyeri punggung dapat menggunakan tipe recumbent karena tipe ini memberikan beban yang lebih ringan pada pinggang.

Selain itu, sepeda fitness ini lebih stabil dan sering digunakan sebagai rehabilitasi. Kekurangannya adalah tipe ini cenderung lebih besar sehingga memakan tempat lebih banyak.

C. Tipe Folding

Seperti namanya, tipe yang satu ini dapat dilipat dan sangat fleksibel sehingga bisa dibawa kemanapun ketika dibutuhkan. Harganya yang terjangkau ditambah strukturnya juga ringan, cocok untuk kamu yang ingin latihan dengan tujuan meningkatkan kesehatan.

D. Tipe Spin Bike

Tipe spin bike merupakan tipe sepeda statis yang diperuntukkan bagi profesional dan bukan pemula. Sepeda statis yang satu ini memiliki beban yang lebih berat sehingga digunakan untuk latihan yang lebih berat. Mempunyai roda yang lebih besar dan berat sehingga memberikan beban yang lebih berat pada kaki.

2. Fitur terkini

Mempunyai berbagai fitur pada sepeda fitness akan sangat membantu kamu dalam memantau hasil latihan. Kamu dapat mengetahui waktu hingga jumlah kalori yang sudah terbakar dengan adanya fitur.

Dengan adanya fitur untuk mengetahui jarak tempuh dan detak jantung dapat memotivasi untuk berolahraga dan melatih ketahanan tubuh. Selain itu, dengan adanya fitur-fitur yang disediakan, olahraga kamu bisa jadi lebih produktif.

3. Sesuaikan ukuran

Kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum membeli sepeda statis. Apakah kamu suka olahraga ringan atau berat? Ingin sepeda statis yang fleksibel dan bisa dilipat atau yang hanya digunakan di rumah saja?

Ukuran sepeda statis yang tidak sesuai dengan tinggi badan dapat membuat hasil latihan kamu menjadi tidak maksimal. Pilihlah sadel atau jok sepeda yang dapat kamu atur ketinggiannya. Sadel yang tidak sesuai dapat menyebabkan kamu cedera karena posisinya yang tidak sesuai dengan badan.

Selain itu, ruangan juga termasuk faktor yang perlu kamu perhitungkan. Kalau ruangan di rumahmu sempit, sebaiknya pilih sepeda statis yang ringan dan mudah disimpan.

Gimananih sobat BC, pastinya sudah ada gambaran sepeda statis seperti apa yang akan kamu pinang, kan? Hati-hati ketika memilih agar kamu tidak menyesal di kemudian hari. Semoga Bermanfaat.

Baca juga: Bosan Naik Sepeda Biasa? Begini 10 Cara Menggunakan Sepeda Statis

Sumber:
https://www.tokopedia.com/blog/tips-memilih-sepeda-statis/
https://bp-guide.id/AXTWMtSz

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This