Pilih Laman

Ini Dia 3 Tips Memilih Sepatu Lari Yang Bagus dan Cocok Untuk Pemula

oleh | Sep 6, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Lari | 0 Komentar

Tips Memilih Sepatu LariBerlari adalah  olahraga yang simpel karena yang kamu butuhkan hanyalah sepasang sepatu dan pakaian olahraga. Akan tetapi, berlari juga memiliki rintangan yang harus ditaklukkan. Diantara tantangannya adalah membeli sepasang sepatu lari.

Ini Dia Tips Memilih Sepatu Lari Yang Bagus dan Cocok Untuk Pemula

Sumber: Unsplash.com

Kebanyakan orang akan memilih sepatu berdasarkan harga atau tampilannya, namun sebagai seorang pelari, kamu harus memperhatikan aspek yang lebih dari itu. Berikut ini adalah 3 tips memilih sepatu lari yang bagus dan cocok untuk pemula.

1. Jalur lari

Jenis sepatu lari berdasarkan jalur lari dapat dibagi menjadi 3 bagian:

Road-running shoes 

tipe sepatu ini merupakan tipe sepatu lari yang paling umum. Jenis sepatu ini biasanya dipakai saat lari di jalan, trotoar, atau mungkin di permukaan apapun yang datar dan keras.

Trail running shoes 

Jenis sepatu ini dapat kamu gunakan untuk berlari di trek yang ekstrem seperti naik turun bukit dan dipenuhi batu, lumpur, atau akar. Sepatu ini dapat memberikan stabilitas dan perlindungan ekstra untuk kaki kamu selama menghadapi jalur yang lebih ekstrem.

Cross-training shoes

Sepatu ini dirancang untuk digunakan saat berlatih di gym. Keseimbangan kamu dapat tetap terjaga dikarenakan sol dan bantalannya yang sengaja dibuat cukup tebal. Sepatu ini dapat kamu gunakan untuk berlari di treadmill.

2. Cara lari

Setiap orang memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda yang dapat mempengaruhi cara lari mereka. Pada umumnya ada 3 jenis mekanisme lari yang terkait dengan bentuk telapak kaki:

  1. Over pronation : Cirinya telapak kaki miring ke arah dalam.
  2. Under pronation : Cirinya telapak kaki miring ke arah luar.
  3. Normal pronation : cirinya telapak kaki normal menapak pada permukaan.

Pronasi adalah istilah untuk gerakan telapak kaki yang mengayuh masuk ke dalam saat berlari. Berikut ini gambar ilustrasinya.

3. Fitur fisik sepatu lari

Selain 2 hal di atas, ada beberapa tips tambahan yang perlu kamu perhatikan ketika membeli sepatu lari:

  1. Belilah sepatu di malam hari
    Telapak kaki akan melebar di malam hari setelah seharian dipakai terus menerus. Jadi, waktu yang paling baik untuk mencoba sepatu baru adalah di malam hari saat telapak kaki kamu berada dalam bentuk terlebarnya.
  2. Pilihlah sepatu yang ukurannya lebih besar
    Sepatu yang berukuran lebih besar mampu membantu meminimalisir kelecetan dan memberikan ruang lebih bagi kaki kamu yang sedang mengembang serta tegang. Disarankan agar kamu mencari sepatu lari yang setidaknya setengah ukuran lebih besar daripada ukuran kaki kamu yang sebenarnya. Pastikan juga lebar kaki dipertimbangkan supaya tetap enak dipakai saat berlari.
  3. Bantalan yang empuk
    Bantalan yang empuk dapat memberikan kenyamanan saat kamu sedang berlari.
  4. Cek Harganya
    Sepatu yang baik mempunyai harga yang sesuai, tidak terlalu mahal ataupun murah. Jadi, pilihlah sepatu yang ekonomis.

Kebanyakan toko sepatu memiliki karyawan terlatih yang siap membantu dalam memilih sepatu lari yang bagus dan cocok untuk kamu. Terakhir, waspadalah terhadap tanggal kedaluwarsa  sepatu. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat.

Baca juga: Begini 9 Cara Lari Yang Sehat Untuk Pemula

Sumber:

Tips dan Trik Memilih Sepatu Lari yang Tepat


https://www.planetsports.asia/blog/post/tips-memilih-sepatu-lari-untuk-pemula

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This