Pilih Laman

Cara Memegang Grip Raket Bulutangkis

oleh | Okt 10, 2020 | Seputar Bulu Tangkis | 0 Komentar

Cara memegang grip raket- Banyak orang yang tidak menyadari bahwa dengan menggunakan teknik memegang grip raket bulutangkis dapat menabah kecepatan dan ketepatan shuttle cock saat permainan berlangsung.

SHUTTLE COCK RAKETBadminton adalah suatu olahraga yang menggunakan alat pemukul (raket) dan menggunakan bola yang terbuat dari susunan bulu angsa. Permainan bulu tangkis mirip dengan permainan tenis, yang mana kita harus memukul bola sehingga bola masuk ke dalam area yang dimiliki lawan.

Permainan bulutangkis juga biasa disebut dengan permainan badminton. Bola yang digunakan juga biasa disebut shuttlecock atau menggunakan penyebutan kok.

Olahraga ini menjadi salah satu permainan favorit yang di gemari masyarakat Indonesia. Bulutangkis bisa dimainkan 1 lawan 1 atau 2 lawan 2. Permainan ini sungguh menyengkan, yang mana timbulnya semangat untuk berbalas pukulan terhadap bola yang mengakibatkan tubuh kita bergerak bebas dan mengeluarkan keringat.

Bagi orang awam memegang raket bulutangkis tidak memiliki perbedaan. Tapi ternyata dalam memegang raket bulutangkis, ada teknik dasarnya. Teknik ini meliputi cara memegang dan mencenngkram.

Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan akurasi pada pukulan anda.

Cara memegang raket bulutangkis biasa disebut grip. Dua cara memegang raket bulu tangkis yang paling dasar: forehand, backhand, grip campuran

Baca juga : Pahami 5 Teknik Dasar Bulu Tangkis, Pemula Wajib Tahu

Forehand

cara memegang grip forehand

 

Pada teknik forehand cara ini cukup sederhana, pemain hanya perlu memegang grip seperti anda sedang berjabat tangan. Pada saat anda memegang grip dengan teknik ini, pastikan ibu jari dan jari telunjuk membentuk huruf “V” sebagai celahnya.

Jari kelingking, manis dan tengah menempel ke grip agar bobot raket yang di pegang dapat seimbang. Jari telunjuk ditempatkan sedikit terpisah dari ketiga jari tersebut. Fungsi dari jari telunjuk disini untuk mengarahkan arah raket saat memukul.

Tak hanya itu, letakkan ibu jari diantara celah jari tengah dan jari telunjuk, di permukaan pegangan raket. Pada teknik ini anda dapat merasakan pegangan yang lebih kuat sehingga tidak mudah lepas. Bahkan shuttle cock juga mudah dipukul, pukulan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Arah pukulan atau penempatan shuttle cock juga bisa di tentukan dari arah bola yang datang beserta arah pukula yang kita tujukan.

Baca juga : Ternyata Ini 8 Manfaat Bulu Tangkis Untuk Kesehatan Tubuh

Backhand

memegang grip

Pada teknik backhand anda memposisikan tangan memegang grip dimana tekanan pada ibu jarilah yang menjadi asala kekuatan pukulan ini. Dengan teknik ini ibu jari harus di tempatkan dan digerakkan dengan benar agar pukulannya bertenaga.

Merilekskan jari telunjuk, dan ketiga jari (jari tengah, manis dan kelingking) berada menempel pada grip. Posisi tangan dan jari yang tepat pada saat memegang grip ditambah kekuatan tekanan ibu jari akan memberikan pukulan yang baik.

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This