Pilih Laman

Bosan Naik Sepeda Biasa? Begini 10 Cara Menggunakan Sepeda Statis

oleh | Sep 2, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Sepeda | 0 Komentar

Cara Menggunakan Sepeda Statis – Ada saja alasan yang membuat kita tidak berolahraga. Seperti terlalu malas untuk keluar dan terkena sinar matahari. Nah, solusinya adalah kamu berolahraga dengan menggunakan sepeda statis.

Bosan Naik Sepeda Biasa? Begini 10 Cara Menggunakan Sepeda Statis

Sumber: Pexels.com

Dengan menggunakan sepeda statis, kamu tidak perlu lagi keluar rumah dan terkena terik matahari untuk berolahraga. Ya, kecuali kamu tidak mempunyai sepeda statis di rumah, kamu masih harus pergi ke tempat gym agar bisa berolahraga menggunakan sepeda statis.

Tentunya, manfaat berolahraga akan didapatkan apabila kita melakukan olahraga dengan cara yang benar. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu meluangkan waktumu sebentar untuk membaca artikel ini.

10 Cara Menggunakan Sepeda Statis

1. Kenali sepeda statismu

Sebelum kamu mulai menggunakan sepeda statis yang ada di rumah maupun sepeda statis di tempat gym, ada baiknya kamu mengenali apa saja yang terdapat pada sepeda statis dan bagaimana mekanisme dalam menggunakannya untuk menunjang kegiatan olahragamu.

Kamu perlu untuk mempelajari pengaturan pada bagian-bagian sepeda statis, seperti pedal, kursi, atau setangnya. Selain itu, kamu perlu juga untuk mengetahui mekanisme pada display panel, misalnya pengaturan level yang kamu inginkan.

2. Memakai baju olahraga yang nyaman

Pemakaian baju yang dipakai ketika berolahraga bukanlah hal yang remeh. Baju yang sesuai dan nyaman tentunya dapat menunjang kegiatan berolahraga kamu.

Baju dan celana training yang dapat menyerap keringat cocok buat kamu ketika berolahraga menggunakan sepeda statis.

3. Lakukan pemanasan

Kamu juga harus melakukan pemanasan sebelum memulai berolahraga. Tujuannya adalah untuk membuat otot tubuh kamu tidak kaget saat sedang berolahraga. Selain itu, pemanasan juga berguna untuk mengurangi risiko cedera seperti kram.

Baca juga: Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga yang Disepelekan Banyak Orang

4. Atur kursi sepeda

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengatur kursi sepeda statis. Hal ini bertujuan agar kamu mendapatkan kenyamanan dan hasil yang terbaik dari menggunakan sepeda statis.

Atur kursi sepeda ke depan atau ke belakang dan usahakan kursi sepeda tersebut membuat kakimu hampir lurus ketika sedang bersepeda ke bawah.

5. Posisikan setang yang tepat.

Kamu juga perlu untuk mengatur setang sepeda statis hingga tanganmu lurus bergerak sejajar pada level bahu. Hal ini juga mempengaruhi hasil dari penggunaan sepeda statis.

6. Sesuaikan tali pengikat pedal

Tali pengikat pedal ini akan membantu kamu dalam menambah kenyamanan saat bersepeda. Kamu hanya perlu menyesuaikan besar atau kecilnya lubang tempat kakimu masuk.

7. Lakukan latihan perlahan

Kamu bisa melakukannya dengan mengayuh sepeda statis di settingan terendah, setelah 15 menit, atur kecepatan menjadi lebih tinggi untuk 15 menit berikutnya.

Setelah terasa nyaman dan mulai berkeringat, lakukan sesi utama dengan mengatur penggunaan hingga 60 menit. Kamu dapat mengatur penggunaan sepeda statis untuk beban atau untuk kecepatan.

Bermain di kecepatan, dapat membuat kamu menghasilkan keringat yang lebih banyak sehingga kalorimu lebih mudah terbakar.

8. Jangan membungkuk

Saat menggunakan sepeda statis, posisi badanmu tidak boleh membungkuk, karena akan membuat punggung dan leher kamu terasa pegal. Posisikan badan tetap tegap, posisi dada ke atas, dan bahu tetap sejajar.

Membungkuk hanya membuat kamu mendapaat sedikit manfaat dari penggunaan sepeda statis atau bahkan tidak sama sekali.

9. Jangan bersepeda dengan jari kaki

Selanjutnya, yang tidak boleh kamu lakukan adalah bersepeda dengan jari-jari kaki. Jika kamu menggunakan jari kaki, yang kamu dapatkan hanya kram pada bagian tersebut, apalagi jika kamu tidak melakukan pemanasan sebelumnya.

Bersepedalah dengan telapak kakimu dan tekan pedal dengan tumit, kemudian angkat pedal dengan tali pengikat menggunakan bagian atas kakimu. Lakukan terus seperti itu secara stabil.

10. Jangan lupa pendinginan

Yang terakhir adalah melakukan pendinginan atau cooling down. Kamu bisa mengurangi kecepatan sepeda statis secara perlahan dan istirahat sampai suhu tubuhmu kembali normal. Tujuannya agar otot tidak merasa kaget sehingga mengurangi risiko terjadinya cedera.

Baca juga: Ini Dia 5 Gerakan Pendinginan yang Benar Setelah Olahraga

Nah, itulah 10 cara menggunakan sepeda statis yang perlu kamu ketahui. Semoga Bermanfaat.

Sumber:
https://www.acehardware.co.id/inspirations/cara-menggunakan-sepeda-statis
https://www.tokopedia.com/blog/how-cara-menggunakan-sepeda-statis/

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This