Pilih Laman

9 Tips Memilih Sepeda Lipat, Bukan Sekedar Beli!!!

oleh | Agu 7, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Sepeda | 0 Komentar

Tips Memilih Sepeda LipatSepeda lipat adalah jenis sepeda yang dapat dilipat sehingga menjadi lebih ringkas untuk disimpan ataupun dibawa bepergian.

Tips Memilih Sepeda Lipat

Diambil dari Unsplash.com

Banyaknya produsen sepeda lipat terkenal membuat banyak orang bingung untuk memilih dikarenakan masing-masing produk memiliki karakter yang berbeda-beda.

Nah, buat kamu yang mau membeli sepeda lipat, jangan terburu-buru dalam memilih agar tidak menyesal di kemudian hari. Ada baiknya, kamu membaca 9 tips memilih sepeda lipat di bawah ini sebelum meminang sepeda lipat impianmu.

1. Pilih berdasarkan size dan spec nya

Hal yang menarik dari sepeda lipat adalah modelnya yang dapat dilipat sehingga ringkas untuk dibawa-bawa dan disimpan. Poin-poin di bawah ini dapat kamu perhatikan.

  • Periksa berat sepeda

    Agar sepeda kamu mudah dibawa ketika terlipat, pilihlah yang beratnya di bawah 10 Kg. Jika kamu ingin agar mudah disimpan atau dibawa dengan mobil, pilihlah sepeda dengan berat di bawah 15 Kg.

    Semakin ringan sepedanya, maka semakin kokoh pula rangkanya. Jangan heran ketika harga sepeda semakin tinggi tergantung pada berat rangkanya dan ukuran rodanya.

  • Perhatikan ukuran sepeda saat dilipat

    Fungsi dari sepeda lipat dapat kamu optimalkan dengan memilih ukuran sepeda lipat berdasarkan tujuan penggunaannya.

    Jika kamu menggunakan sepeda lipat untuk bepergian atau jalan-jalan, pilihlah sepeda lipat yang mudah dimasukkan ke bagasi mobil tanpa harus melepaskan sadel atau setang kemudi.

    Ukuran sepeda lipat saat digunakan relatif sama, tetapi akan berbeda-beda saat dilipat sebab tergantung cara melipatnya. Jadi, periksa dengan saksama sebelum kamu membeli, ya!!!

  • Sedikit komponen yang dilipat membuat lebih praktis

    Mudah atau tidaknya sepeda tersebut dilipat juga termasuk hal penting yang harus kamu perhatikan. Kamu dapat memastikannya dengan mengetahui komponen apa saja yang harus dilipat dan bagaimana cara melipatnya.

    Semakin banyak komponen yang dilipat, maka semakin banyak usaha yang harus kamu kerahkan. Pertimbangkan juga seberapa sering kamu menggunakan sepeda dan pilihlah yang paling mudah untuk kamu gunakan.

2. Carilah sepeda yang nyaman dipakai

Sepeda lipat banyak digemari karena kenyamanan yang ditawarkan saat bersepeda. Poin-poin di bawah ini akan mengulas mengenai sepeda yang nyaman dipakai!!!

  • Ukuran ban 14-16 inci cocok dipakai untuk berkeliling kota

    Umumnya, sepeda lipat memiliki ban dengan ukuran 12 inci sampai 26 inci. Makin kecil, makin enteng ketika dikayuh. Akan tetapi, ban kecil membuat sepeda menjadi sulit untuk melaju kencang. Sedangkan, ban yang besar memudahkan sepeda untuk melaju cepat walau usaha yang kamu keluarkan untuk mengayuh menjadi lebih besar.

    Jika kamu sering bersepeda keliling kota, pilihlah ukuran ban 14 inci sampai 16 inci. Makin lebar ukurannya, makin stabil sepeda saat melaju.

    Buat kamu yang pertama kali menggunakan sepeda lipat dan kamu yang lebih mengutamakan kemudahan saat memakai sepeda, maka pilihlah ban yang berukuran 16 inci sampai 20 inci. Ingat pula, semakin besar bannya, semakin berat pula ketika dikayuh. Tidak lupa, ukuran sepeda akan semakin besar saat dilipat.

  • Gear ratio yang tinggi membuat ngebut lebih nyaman

    Jika kamu ingin sepeda lipat yang bannya kecil, tetapi dapat melaju kencang, pilihlah yang mempunyai gear ratio tinggi. Gear ratio memperlihatkan berapa kali putaran roda belakang saat pedal dikayuh satu kali. Jauh jangkauan roda belakang yang berputar akibat tinggi gear ratio-nya.

    Gear ratio untuk sepeda wanita biasanya adalah 2,28. Jika kamu ingin ngebut lebih lancar, pilihlah gear ratio 4,2. Jika sepeda kamu punyai gear ratio yang rendah, pilihlah sepeda lipat yang mempunyai shifter pada sepedanya.

3. Periksa juga aksesori pendukungnya

Sebagian sepeda lipat memang tidak dilengkapi dengan keranjang depan, lampu, standar, dan pelindung lumpur. Hal ini biasanya betujuan agar sepeda semakin mudah dilipat dan tidak terlalu berat.

Beda model sepeda, beda pula aksesori pendukungnya. Jadi, pilihlah sepeda dengan kelengkapan aksesori yang kamu butuhkan. Hal ini khususnya untuk tipe sepeda tanpa standar yang tidak dapat disandarkan sendiri yang menjadi sangat merepotkan ketika tidak ada sandaran saat hendak parkir. Karenanya, periksalah aksesori pendukung yang dapat dipasang.

4. Label SNI membuat lebih aman

Jika kamu ingin lebih aman, pastikan sepeda lipat kamu sudah mendapat label SNI. Label tersebut menunjukkan bahwa sepeda sudah melewati uji kelayakan sehingga aman untuk kamu gunakan.

Sepeda lipat memungkinkan kamu untuk melipat sepedanya, maka rangka sepeda haruslah kukuh. Tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa ada juga sepeda lipat yang dijual sangat murah dengan rangka yang tidak begitu kukuh. Ada baiknya, hindarilah produk seperti itu karena tidak akan cukup aman untuk kamu gunakan.

5. Pilihlah sepeda lipat dari merek ternama

Harga sepeda lipat yang dikeluarkan oleh merek ternama memang lebih tinggi. Namun, jika kamu mengutamakan desain dan kualitas, pilihlah dari merek yang sudah terpercaya karena selain tampilannya enak dipandang, kamu dapat menemukan keunikan tersendiri yang hanya dimiliki oleh merek tersebut.

Performa sepeda dari merek ternama pun dapat diandalkan. Banyak produk dari merek ternama yang mengutamakan kenyamanan pengguna dan daya tahannya yang baik. Oleh sebab itu, sepeda bermerek ini cocok buat kamu yang memang mencari produk yang tahan lama.

6. Tentukan bugdet

Sepeda bukanlah hobi yang mahal ataupun murah karena itu tergantung dari budget yang kamu miliki. Jadi, tentukanlah bugdet di awal agar kamu bisa membatasi pilihan sepeda lipat yang kamu incar.

7. Beli jadi atau rakit sendiri

Jika kamu benar-benar baru dalam bersepeda, membeli jadi adalah pilihan terbaik dibanding dengan merakit sendiri. Membeli jadi juga memiliki garansi yang dapat memudahkan kamu jika menemui masalah. Jadi, membeli jadi biasanya lebih mudah dibanding merakit sendiri.

8. Cek track record sepeda lipat

Hal ini perlu kamu perhatikan ketika kamu ingin membeli sepeda lipat bekas. Sepeda bekas kadangkala lebih menggoda terlebih lagi karena harganya yang murah.

Pemakaian sepeda lipat bisa jadi tidak begitu parah kayak sepeda MTB. Tetapi, kamu wajib memperhatikan komponen engsel yang terdapat di sepeda lipat tersebut. Pemilik yang bagus akan menjaga komponen engsel tersebut karena engsel itu sangat berarti untuk sepeda lipat.

9. Bergabung dengan komunitas sepeda lipat

Terdapat beragam macam komunitas sepeda lipat dimulai dari komunitas yang merangkul berbagai merek sampai komunitas untuk sepeda jenis tertentu. Di sana, kamu bisa bertanya seputar sepeda lipat tanpa perlu memiiki sepeda lipat. Kamu juga bisa berburu sepeda lipat bekas di dalam komunitas tersebut.

Nah, itu dia 9 tips memilih sepeda lipat dari bucharicoaching.com yang dapat kamu jadikan bekal sebelum meminang sepeda lipat. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Begini 6 Tips Merawat Sepeda Lipat agar Tahan Lama

Sumber:
https://my-best.id/17931
https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3813650/6-tips-sukses-membeli-sepeda-lipat-untuk-pemula
https://hobigowes.com/memilih-sepeda-lipat-terbaik/

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This