Pilih Laman

3 Tips Aman Bersepeda saat Pandemi

oleh | Jul 28, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Sepeda | 0 Komentar

3 Tips Aman Bersepeda saat Pandemi – Penyebaran Virus Corona di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, mewajibkan adanya pembatasan baru yang harus diberlakukan. Salah satu aspek kehidupan yang dipengaruhi oleh situasi ini adalah aktivitas fisik. Di satu sisi, dianjurkan untuk melakukan olahraga selama pandemi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan mental, tetapi di sisi lain, bersepeda juga harus dilakukan dengan cara yang aman.

Tips Aman Bersepeda saat Pandemi

disadur dari google

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang dianggap memiliki risiko rendah infeksi Covid-19 bila dibandingkan dengan olahraga outdoor lainnya. Akan tetapi, ada beberapa pedoman yang masih perlu untuk dipertimbangkan guna memastikan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan aman agar tidak menyebabkan penyakit.

Seorang profesor kesehatan di Appalachian State University dan direktur Human Performance Laboratory di North Carolina Research Park, David Nieman, mengatakan bahwa selama kita sendirian, aman untuk mengendarai sepeda. Ketika orang-orang berkumpul bersama dan seseorang bersin atau batuk, tetesan air mengenai benda yang disentuh orang, dan kemudian orang menyentuh wajah, sehingga membentuk infeksi.

Untuk kamu yang ingin bersepeda ditengah pandemi seperti ini perlu untuk memperhatikan beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, bucharicoaching.com akan berbagi 3 tips aman bersepeda saat pandemi yang perlu kamu ketahui. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Pastikan kondisi tubuh prima, waktu yang tepat dan gunakan masker.

tips pertama aman bersepeda saat pandemi

disadur dari google

Tips pertama dari 3 tips aman bersepeda saat pandemi adalah memastikan kondisi tubuh yang prima sebelum bersepeda, memperhatikan waktu yang tepat untuk bersepeda dan menggunakan masker. Memastikan kondisi tubuh yang prima sebelum bersepeda merupakan hal penting karena stamina tubuh kamu akan terkuras saat bersepeda. Jangan memaksakan tubuh kamu saat kamu kurang enak badan apalagi ketika sedang sakit karena virus corona sangat mudah masuk ke dalam tubuh yang memiliki sistem imun yang sedang lemah.

Selain kondisi tubuh yang prima, kamu juga harus memperhatikan waktu yang tepat untuk bersepeda. Kamu bisa bersepeda pada pagi hari karena udaranya menyejukkan dan sangat segar atau pada sore hari ketika cuaca tidak lagi panas. Untuk estimasi waktunya, sebaiknya bersepeda selama 30-60 menit saja karena nantinya kamu bisa kelelahan. Maksimalkan waktu tersebut untuk berkeliling di jalan yang tidak begitu ramai atau padat agar kamu bisa lebih leluasa dalam bersepeda dan menghindari risiko yang terdapat di keramaian.

Jangan lupa mengenakan masker ketika berinteraksi dengan orang lain untuk menghindari droplet dan aturlah intensitas kecepatan kamu saat kamu bersepeda agar tidak sesak nafas saat menggunakan masker. Pakailah masker yang kainnya dapat menyerap keringat dan juga lentur sehingga bisa mudah kamu atur seandainya kamu membutuhkan nafas yang lebih banyak.

2. Bersepeda sendirian dan jangan singgah.

tips kedua aman bersepeda saat pandemi

disadur dari google

Tips kedua dari 3 tips aman bersepeda saat pandemi adalah bersepeda sendirian dan jangan singgah. Bersepeda sendirian dan menghindari orang lain adalah pilihan terbaik yang perlu kamu terapkan. Sama dengan social distancing, kamu juga harus menerapkannya di saat bersepeda, sekiranya kamu takut sendiri maka ajak satu temanmu saja namun tetap usahakan untuk menjaga jarak setidaknya 1,5 meter untuk dapat membantu mengurangi risiko penyebaran virus.

Hal yang perlu untuk kamu terapkan juga ialah menahan diri untuk tidak singgah atau mampir ke suatu tempat karena sangat berbahaya dan berisiko. Kamu tidak tahu apakah tempat yang sedang kamu singgahi tersebut aman dari virus atau tidak karena virus corona sendiri mampu menempel pada permukaan benda untuk waktu yang lama. Jika kamu merasa sudah lelah, sebaiknya segera pulang dan jangan singgah. Alternatif lain jika kamu kelelahan saat perjalanan maka berhenti sejenak namun jangan pindah posisi dari sepedamu, berhenti saja sesaat lalu lanjutkan kembali sampai ke rumah.

3. Perhatikan keselamatan berkendara dan tertib lalu lintas.

tips ketiga aman bersepeda saat pandemi

disadur dari google

Tips terakhir dari 3 tips aman bersepeda saat pandemi adalah memperhatikan keselamatan berkendara dan tertib lalu lintas. Diantara hal yang harus diperhatikan tentang keselamatan berkendara ialah kelayakan sepeda dan ini bisa dilihat dari tekanan ban, periksa rem depan dan belakang. Lalu, alat pengaman saat bersepeda seperti helm, sarung tangan, kaca mata ditambah masker dan jangan lupa bawa selalu hand sanitizer dan tisu basah ataupun kering. Jika bersepeda di malam hari maka penting juga untuk menggunakan lampu sepeda untuk meminimalkan kecelakaan. Saat bersepeda, kamu juga harus patuh pada rambu lalu lintas, memilih jalur kiri pada badan jalan, dan berbagi jalan dengan pengguna jalan yang lain.

Semoga ulasan mengenai 3 tips aman bersepeda saat pandemi di atas dapat bermanfaat buat kamu yang membaca. Stay safe, guys!!!

Baca juga: 9 Tips Memilih Sepeda Lipat, Bukan Sekedar Beli!!!

Sumber:
https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5058448/5-tips-aman-bersepeda-di-jalan-raya-saat-pandemi?single=1

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This