Pilih Laman

3 Cara Menumbuhkan Motivasi Berolahraga Di Saat Pandemi Melanda

oleh | Jul 28, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Sepeda | 0 Komentar

Cara Menumbuhkan Motivasi BerolahragaOlahraga memberikan banyak manfaat pada tubuh, namun tidak jarang kita merasa malas atau bosan berolahraga. Ditambah dengan kenyataan bahwa pandemi melanda negara Indonesia, membuat kita semakin sulit untuk berolahraga karena ruang gerak yang terbatas hanya di dalam rumah saja.

Cara menumbuhkan motivasi olahraga di saat pandemi melanda

disadur dari IDN Times Jabar

Motivasi berolahraga bisa saja sirna karena harus berada di tempat yang sama setiap hari, yakni di rumah. Belum lagi, sebagian orang memilih untuk menghabiskan waktunya menonton Youtube atau Netflix sambil bersantai dengan cemilan.

Olahraga merupakan cara yang bagus untuk mengoptimalkan kesehatan fisik dan mental dan kita semua membutuhkannya sekarang lebih dari sebelumnya. Olahraga juga dapat meningkatkan imunitas dengan menormalkan profil lipid dan tingkat hipertensi. Oleh karenanya, tetap bugar dapat mengurangi risiko sindrom metabolik yang terdiri dari penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2.

Berikut adalah beberapa cara menumbuhkan motivasi berolahraga yang dapat dilakukan selama di rumah saja.

1. Temukan olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan kepribadian kamu.

Berolahraga seharusnya tidak terasa seperti tugas yang membosankan untuk diselesaikan sesegera mungkin. Kamu harus menemukan aktivitas rutin yang sesuai dengan kepribadian dan kebutuhan kamu. Menurut seorang ahli aktivitas fisik dan motivasi di Curtin University, Dr. Eleanor Quested, ketika kita melakukan hal-hal yang kita sukai, itu akan mempertahankan motivasi untuk terus dilakukan.

2. Cari teman olahraga.

Menemukan teman saat berolahraga dapat meningkatkan tingkat motivasi karena hal itu membawa rasa kompetisi dan responsibilitas tidak hanya untuk diri kamu sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Di saat pandemi ini bukan waktu yang tepat untuk berolahraga bersama dengan teman secara tatap muka, tetapi kamu masih bisa berolahraga dengan teman-temanmu secara online lewat media sosial.

3. Menetapkan tujuan jangka pendek.

Menetapkan tujuan merupakan cara penting untuk membuat kamu tetap rutin berolahraga. Kamu tidak perlu berolahraga berjam-jam, tetapi kamu harus mencoba setidaknya 15-25 menit aktivitas fisik yang intens sehari. Sebagai contoh, kamu dapat melakukan 5 push-up atau 10 squat sehari, sebagai cara sederhana guna memompa darah.

Demikian cara menumbuhkan motivasi berolahraga di saat pandemi, semoga bermanfaat. – bukharicoaching.com

Baca juga: Begini 12 Gerakan Pemanasan yang Benar Sebelum Olahraga

Sumber:
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/04/28/205908820/5-cara-tetap-termotivasi-berolahraga-selama-pandemi-covid-19?page=all

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This