Pilih Laman

Ini Dia 12 Tips Bersepeda ke Kantor yang Aman

oleh | Agu 2, 2020 | Seputar Olahraga dan Pola Hidup Sehat, Seputar Sepeda | 0 Komentar

Tips Bersepeda ke Kantor – Dalam beberapa bulan terakhir, bersepeda menjadi tren di kalangan masyarakat, apalagi saat pergi ke kantor. Selain menghemat ongkos, bersepeda ke kantor juga dapat membuat tubuh kita lebih sehat.

Ini Dia 12 Tips Aman Bersepeda ke Kantor

disadur dari sepeda.me

Tetapi, tren bersepeda kadang tidak diimbangi dengan penggunaannya yang aman. Padahal, keamanan merupakan hal penting agar tidak membahayakan diri sendiri dan tidak mengganggu pengendara yang lainnya.

Jadi, bagaimana sih tips bersepeda ke kantor yang aman? bucharicoaching.com akan menyampaikannya buat kamu.

1. Berlatih sebelum memulai

Jika kamu sudah bertahun-tahun tidak berada di atas jok, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membiasakan diri dengan sepeda yang akan kamu pakai. Luangkan waktu untuk latihan di sekitar lingkungan kamu seperti perumahan, taman, atau di jalanan yang tidak terlalu ramai sebelum kamu beralih ke jalanan yang ramai. Ingat juga untuk berlatih beberapa gerakan yang pada satu waktu harus kamu lakukan dalam bersepeda menuju kantor, seperti berkendara dengan satu tangan, memeriksa bahu, mengerem dengan cepat, dan mengayuh pedal sambil berdiri.

2. Cek kondisi sepeda kamu

Selalu periksa keadaan sepeda kamu sebelum kamu bersepeda. Pastinya kamu tidak akan menginginkan tangan kamu penuh oli akibat membetulkan rantai yang copot di tengah jalan. Bersihkan rantainya, pastikan remnya berfungsi dengan baik dan ban yang sudah terisi dengan angin. Jika kamu kesulitan, bawalah sepeda kamu ke bengkel terdekat untuk perbaikan.

Baca juga: 9 Tips Memilih Sepeda Lipat, Bukan Sekedar Beli!!!

3. Cari teman bersepeda

Ajak teman kamu yang sudah memiliki pengalaman untuk menemani kamu. Bukan tidak mungkin kamu akan merasa gugup ketika memikirkan jarak tempuh dari rumah ke kantor? Punya teman jalan atau rekan kerja yang sudah berpengalaman adalah cara yang baik untuk mengatasi hal tersebut. Biarkan mereka jalan duluan jadi kamu bisa fokus mengikuti mereka dari belakang.

4. Pakaian saat bersepeda

Hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah tentang pakaian. Ingat bahwa kamu akan bersepeda ke kantor, jadi lebih baik untuk tidak langsung mengenakan pakaian atau seragam kantor. Dilansir dari kompas.com – jika jarak tempuh lebih dari 8 kilometer, lebih baik kamu membawa baju ganti.

Selain tidak nyaman dipakai saat bersepeda, kamu juga bakal dijamin mandi keringat. Nah, pastikan untuk mengenakan pakaian olahraga dari rumah dan membawa pakaian kantor untuk kamu kenakan ketika sampai di kantor.

5. Perhatikan cara kamu bersepeda

Ada cara bersepeda yang seperti mencari keringat. Contohnya, senang melewati jalur tanjakan atau turunan di mana hal-hal seperti ini akan membuat kamu menjadi sangat berkeringat. Kami merekomendasikan agar kamu mengayuh sepeda dengan kecepatan yang normal saja.

Ini juga terkait dengan tenaga yang kamu keluarkan apabila cara bersepeda kamu seperti itu. Pilihan lainnya ialah ketika jarak kamu dengan kantor sudah mulai mendekat, kamu bisa santai mengayuh sepeda agar tidak terlalu berkeringat.

6. Gunakan rute yang aman

Penting untuk memperhatikan rute yang akan kamu tempuh agar bersepeda ke kantor menjadi aman dan nyaman. Kamu bisa melakukan pencarian rute yang aman saat sedang weekend. Tandai titik di sepanjang rute di mana kamu harus lebih berhati-hati serta bermacam persimpangan yang akan dilalui. Jika ada rute khusus sepeda, pergunakan jalur itu sebaik mungkin. Ukur juga jarak yang harus ditempuh. Jika terlalu jauh, ada baiknya kamu tidak bersepeda ke kantor kecuali bila itu memungkinkan untuk ditempuh dan tidak membuat kamu telat di kantor.

7. Patuhi rambu lalu lintas

Jangan lupa untuk mematuhi rambu lalu lintas. Menggunakan sepeda bukan berarti kamu bisa menerobos lampu lalu lintas, ya!!!. Peraturan di jalan juga berlaku bagi para pengendara sepeda. Menaati rambu lalu lintas dapat membuat bersepeda yang kamu lakukan semakin aman buat diri kamu dan juga pengguna jalan yang lain.

8. Tidak melawan arus

Pengendara sepeda sama saja dengan pengguna kendaraan umum yang lainnya. Karenanya jangan sampai kamu melawan arus saat bersepeda ke kantor. Selain karena pilihan yang tidak bijaksana, pilihan tersebut juga amat berbahaya karena melanggar aturan umum tentang lalu lintas dan bisa memicu kecelakaan lalu lintas yang lebih besar. Pastikan tetap berada di jalur yang tepat dan ikuti rambu-rambu  lalu lintas yang berlaku di jalan.

9. Menggunakan perlengkapan pelindung

Hal terpenting lainnya saat bersepeda ke kantor adalah menggunakan perlengkapan pelindung. Peralatan ini penting guna meminimalisasi risiko terjadinya kecelakaan. Dikutip dari Active, menggunakan helm sangat penting untuk melindungi kepalamu.

Selain helm, pakaian yang nyaman juga perlu diperhatikan. Misalnya, kamu menggunakan lengan panjang atau jaket penghalau angin ketika bersepeda ke kantor akan membantu kamu dalam memberikan kenyamanan saat gowes.

Sarung tangan juga perlu guna membuat tangan kamu tidak berkeringat dan pengendalian sepeda kamu tetap terjaga. Masker penghalau debu pun juga penting karena akan berguna ketika kamu bersepeda di tengah kemacetan.

Jangan lupa untuk selalu membuat dirimu terlihat oleh orang lain saat kamu bersepeda. Misalnya, menggunakan material reflektor di pakaian atau di sepeda, serta lampu dalam kondisi gelap atau menjelang gelap adalah pilihan yang membuat kamu semakin aman bersepeda.

10. Dapat diprediksi

Salah satu keuntungan yang didapat saat kamu mematuhi rambu lalu lintas adalah gerakanmu bisa diprediksi. Ketika kamu mematuhi rambu lalu lintas, kamu dapat meminimalkan potensi kecelakaan dikarenakan pengguna jalan yang lain bisa memprediksi gerakan kamu saat bersepeda.

11. Jaga jarak aman

Selalu menjaga jarak dengan pengendara lain adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan guna menghindari insiden yang tidak diinginkan. Sebisa mungkin gunakan jalur bersepeda apabila sudah tersedia, jangan terlalu ke tengah dan menutupi pengendara lain.

12. Perhatikan sekeliling kamu

Perhatikan sesama pengendara, pejalan kaki, dan kendaraan lain di sekeliling kamu saat bersepeda. Beri jalan pada pejalan kaki di zebra cross, perhatikan belakang kamu saat belok, dan lihat lampu sein mobil di depan kamu. Hindari titik buta pengendara motor. Gunakan bel untuk memberitahu pejalan kaki atau pengendara sepeda lainnya ketika kamu ingin belok. Gunakan juga tangan untuk menandakan anda ingin belok ke kanan atau ke kiri agar pengendara di belakang kamu mengetahui arah kamu.

Nah, itu dia tips aman buat kamu yang ingin bersepeda ke kantor. Jangan lupa kamu terapkan dengan baik ya!!!

Sumber:
1. https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/11/105801320/5-tips-aman-bersepeda-ke-kantor?page=all
2. http://www.fitnessformen.co.id/article/12/2016/3407-6-Tips-Bersepeda-ke-Kantor
3. https://glints.com/id/lowongan/tips-bersepeda-ke-kantor/#.XyZKuSgzZPZ
4. https://www.enervon.co.id/news/1268/wajib-coba-5-tips-bersepeda-ke-kantor-biar-nggak-banjir-keringat/

Buchari Coaching siap membantu menyusunkan program latihan, rundown (runtutan) kegiatan selama program serta pendampingan agar bisa tercapai target yang diinginkan dari latihan yang dirancang.

ARTIKEL BERMANFAAT LAINNYA

Share This